128 Tahun BRI Turut Membangun Negri Sebagai Pahlawan bagi para UMKM Indonesia

Bank Rakyat Indonesia sudah tentu memiliki nama dan menempati ruang tersendiri di hati Masyarakat Indonesia dari berbagai lini. Termasuk juga para UMKM yang menjadi sahabat BRI. Karena memang Bank Rakyat Indonesia secara konsisten berfokus pada segmen mikro, ultra mikro dan menengah.

Tidak terasa 128 Tahun sudah, Bank Rakyat Indonesia menjadi sahabat masyarakat Indonesia. Waktu yang bisa dibilang tidak sebentar. Bank Rakyat Indonesia dari waktu ke waktu senantiasa mengembangkan diri untuk terus membersamai nasabah di seluruh Indonesia. Saat ini, Bank Rakyat Indonesia berfokus pada BRIvolution, dan fokus pada transformasi digital dan culture. Tak dapat dielakkan bahwa saat ini, digitalisasi amat diperlukan diberbagai aspek termasuk perbankan. Saat ini, Bank Rakyat Indonesia masih mengusung konsep Hybrid Bank demi memastikan masyarakat yang belum terlalu familiar terhadap digitalisasi bisa tetap terlayani.

Salah satu inovasi digitalisasi terbaru Bank Rakyat Indonesia ini adalah adanya Agen BRILink. Tentu Agen BRILink ini menjadi sesuatu yang memudahkan BRI lebih menjangkau masyarakat.
Salah satu contohnya, dengan Agen BRILink, layanan perbankan kini tak lagi terikat hari dan jam kerja pada umumnya. Meski di hari libur, jam malam pun, nasabah bisa bertransaksi perbankan melalui Agen BRILink.

Adapaun layanan yang bisa diperoleh nasabah di Agen BRILink adalah pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, serta transaksi lainnya.

Saat ini, setidaknya Agen BRILink tercatat sudah mencapai 666.000 yang tersebar di lebih dari 59.000 desa. Jumlah tersebut, telah mengcover kira-kira 80% dari total desa di Indonesia.

Adapun inovasi digitalisasi Bank Rakyat Indonesia ini tidak serta terselenggara dengan singkat. Tentu diperlukan waktu dan konsistensi dalam mewujudkan hal tersebut. Bank Rakyat Indonesia pun memperkirakan proses digitalisasi ini dapat secara total dijalankan pada 5-10 tahun mendatang.

Atas segala konsistensi dan inovasi tiada henti, Bank Rakyat Indonesia pun tercatat sebagai ESG Initiative. Tidak main-main, pada ajang Asiamoney Indonesia’s Best Bank Award 2022, Bank Rakyat Indonesia berhasil menjadi Indonesia’s Best Bank for ESG 2022 dan Indonesia’s Best Bank for Diversity and Inclusion 2022. Hal ini didasarkan pada keberhasilan Bank Rakyat Indonesia menjaga komitmen menerapkan Environmental, Social, dan Governance (ESG) dalam menjalankan bisnis dan menjaga kinerja yang baik dan berkelanjutan. Sungguh 128 Tahun adalah angka panjang yang menorehkan kebanggaan tersendiri, karena hingga saat ini Bank Rakyat Indonesia mampu konsisten pada komitmennya menjaga Enviromental, Social dan Government (ESG).

Selain itu, Bank Rakyat Indonesia pun menjadi “Pahlawan” bagi para UMKM. Sudah menjadi rahasia umum, bahwasanya Bank Rakyat Indonesia seperti tak terpisahkan dengan UMKM. Bank Rakyat Indonesia berdedikasi membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui pengembangan UMKM di Indonesia. Secara terbuka, Prof. Jay K. Rosengard sebagai pakar kebijakan publik dari Harvard Kennedy School dalam Talkshow “Securing Strong and Sustainable Growth Through MSME Segment” dalam acara Trade Investment & Industry Working Group (TIIWG) Road to G20: SOE International Conference di Bali pada 18 Oktober 2022 menyebutkan, peran Bank Rakyat Indonesia sebagai pemain utama yang mampu memberdayakan UMKM Indonesia. Bahkan beliau menyatakan, “BRI dengan jaringannya di Indonesia merupakan bank yang paling unggul di sektor mikro. Berbagai lembaga lain di dunia pernah mencoba untuk memfokuskan di sektor tersebut, namun tidak ada yang sesukses BRI,”

Bayangkan betapa dalam 128 Tahun ini Bank Rakyat Indonesia telah tumbuh hebat dan kuat dari masa ke masa. Konsistensinya, inovasinya, dan perannya menjadi pahlawan bagi UMKM Indonesia patut diacungi jempol. Pasang surut yang dialami tak membuat gentar Bank Rakyat Indonesia dalam membersamai rakyat Indonesia secara keseluruhan.

Bank Rakyat Indonesia pantas menyandang gelar, Pahlawan bagi UMKM Indonesia dan senantiasa tumbuh kuat serta hebat dalam perannya membantu perekonomian UMKM pada khususnya dan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sebagai masyarakat umum, Saya berharap Bank Rakyat Indonesia tak pernah lelah berinovasi dan tak pernah lelah membersamai kami memutar roda perekonomian.

Bank Rakyat Indonesia, terima kasih atas dedikasinya untuk turut membangun negri. Sukses selalu Bank Rakyat Indonesia.

Tinggalkan komentar